Mari Tingkatkan Skill dengan Mengikuti DTS Kominfo!

Halo teman-teman pembaca pada postingan ini saya akan berbagi cerita tentang salah satu program Kementerian Kominfo yang sedang saya ikuti. Program tersebut bernama Digital Talent Scholarship. Digital Talent Scholarship atau DTS adalah program pelatihan dan pengembangan kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018. DTS ditujukan untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha dan media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Program DTS ini dapat diikuti oleh masyarakat umum yang terbagi menjadi delapan akademi:
1.    Fresh Graduate Academy (FGA)
2.    Vocational School Graduate Academy (VSGA)
3.    Thematic Academy (TA)
4.    Professional Academy (ProA)
5.    Government Transformation Academy (GTA)
6.    Digital Enterpreneurship Academy (DEA)
7.    Digital Leadership Academy (DLA)
8.    Talent Scouting Academy (TSA)

Dari kedelapan pilihan akademi di atas saya akan lebih mengulas bagian VSGA karena di pilihan itulah yang sedang saya ikuti. VSGA ini dapat diikuti oleh para lulusan SMK atau sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang sesuai dengan skema pelatihan masing-masing. VSGA pada periode yang saya ikuti tahun ini diselenggarakan secara online karena adanya pandemi namun meskipun online pelatihan ini sangat bermanfaat dan banyak sekali ilmu yang bisa saya dapatkan dari sana. Skema VSGA yang saya ikuti adalah Junior Web Developer dengan mitra penyelenggaranya adalah Politeknik Negeri Madiun. 

VSGA PNM JWD

Pada pelatihan tersebut saya belajar tentang cara mengkonfigurasi web server lokal dengan XAMPP, menuliskan kode program sesuai pedoman yang benar, mempelajari bahasa pemrograman PHP, Javascript, HTML, menerapkan penggunaan CSS dan juga membuat database serta membuat website sederhana yang memiliki fungsi CRUD. Pada hari terakhir pelatihan saya dan teman-teman yang lain diajari cara untuk mengupload website yang sudah dibuat ke hosting server gratis yaitu di https://www.000webhost.com. Setelah pelatihan VSGA selesai kemudian dilanjutkan dengan pelaksanan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh LSP dan diteruskan dengan kelas interpersonal skill, pelatihan Bahasa Inggris dan kelas personal branding.

Saya sangat merekomendasikan teman-teman dari lulusan SMK sederajat, Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan DTS ini adalah kegiatan tahunan yang bisa teman-teman coba ikuti setiap tahunnya. Keuntungan mengikuti program ini adalah kita bisa mendapatkan banyak ilmu bermanfaat, sertifikat dan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja berbekal ilmu yang diberikan selama pelatihan. Untuk informasi lebih jelasnya kalian bisa cek langsung di laman resmi DTS Kominfo https://digitalent.kominfo.go.id/.

Post a Comment

0 Comments