Menginstall MYOB V18 dan Cara Mengatasi Blocked App MYOB V18

Halo teman-teman pembaca, pada postingan hari ini kita akan belajar cara menginstall MYOB. Apa itu MYOB? Sudahkah kalian mengetahui tentang MYOB. MYOB adalah salah satu aplikasi komputer akuntansi yang dibuat oleh salah satu perusahaan di Australia yang merupakan singkatan dari Mind on Your Own Business. Mengapa kita harus belajar MYOB yang merupakan salah satu aplikasi komputer akuntansi? Karena dengan menggunakan MYOB perusahaan jasa akan memperoleh beberapa keuntungan yaitu mengurangi penggunaan kertas (paperless) sehingga mengurangi juga beban alat tulis kantor (ATK) atau beban perlengkapan (supplies). Disamping itu keuntungan penerapan komputer di bidang akuntansi adalah jaminan untuk kecepatan dan ketepatan. Kecepatan karena sebagian besar pekerjaan akuntansi diambil alih oleh komputer dan dikerjakan dengan cepat. Tugas operator hanyalah sebatas data entri, sementara tugas selanjutnya termasuk penyusunan laporan keuangan dikerjakan oleh komputer. Selama data yang dientri ke komputer data yang benar maka hasilnyapun akan benar atau tepat.

Aktivitas komputer akuntansi perusahaan jasa mengarah pada data entri transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan jasa sejak awal periode sampai dengan proses penyiapan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi. Aktivitas ini secara keseluruhan meliputi:

  1. Menyiapkan data awal;
  2. Membuat daftar akun;
  3. Menyesuaikan pajak;
  4. Meng-entry saldo awal;
  5. Mencatat Kas Keluar;
  6. Mencatat Kas Masuk;
  7. Mencatat entri penyesuaian;
  8. Menampilkan laporan keuangan;
  9. Membuat backup file

Sebelum kita menginstall MYOB, ada lima unsur penting yang saling terkait dalam sistem komputerisasi di semua bidang, termasuk di bidang akuntansi, yaitu:

  • Perangkat keras (hardwares), yaitu peralatan komputer dan peralatan elektronik lainnya yang digunakan untuk otomatisasi akuntansi.
  • Perangkat lunak (softwares), yaitu program komputer dalam hal ini adalah aplikasi komputer akuntansi.
  • Perangkat otak (brainwares), yaitu tenaga manusia yang memprogram dan mengoperasikan komputer.
  • Data input dan output. Data input adalah data yang dientri dan diproses di komputer, sedangkan output adalah data yang dihasilkan atau disebut informasi.

Ada beberapa spesifikasi perangkat komputer/laptop yang harus dipenuhi agar dapat diinstall MYOB. Berikut adalah spesifikasi minimum yang dibutuhkan:

  • 200MHz Intel Pentium Processor with at least 64MB RAM.
  • 200 MB of Hardisk Space.
  • 16 bit colour, 1024x768 screen resolution
  • Microsoft Windows versi 2000, XP, atau yang terbaru
  • Windows compatible printer, mouse or pointing device.
Untuk menginstall MYOB diperlukan program master, yaitu AccountingPlus 18 versi edukasi yang dirilis MYOB Australia. Silahkan download di sini MYOBv18.

 

Langkah - langkah instalasi MYOBv18:

  1. Klik kanan pada file AccountingPlus18.rar pilih Extract to ....
  2. Buka folder AccountingPlus18(hasil ekstrak tadi) sampai terdapat 4 file di dalamnya
4 file Accounting Plus
  1. Klik 2x pada file setup.exe
  2. Setelah muncul jendela install klik Next
  3. Pilih I accept the terms... lalu klik Next
  4. Pilih Complete lalu klik Next
  5. Klik Next terus
  6. Proses instalasi akan berjalan
  7. Setelah selesai klik Finish
  8. Buka MYOBv18 dengan cara ketik myob accounting di pencarian taskbar windows
Buka MYOB

Saya membuka MYOBv18 di sistem operasi windows10 dan ketika saya buka muncul error seperti ini

Error-MYOB-windows10

Jika kalian mengalami hal yang sama dengan saya, maka ikuti langkah berikut untuk membuka MYOB:

  1. Buka CMD(Command Prompt) dengan cara ketik cmd pada pencarian taskbar
  2. Pada Command Prompt klik kanan pilih Run As Administrator
  3. Maka akan muncul jendela command prompt 
  4. Setelah itu buka folder instalasi MYOB yang tertulis pada Program location: "C:\myob\..." bisa kalian lihat contohnya pada gambar di atas (lokasi file berbeda-beda jadi perhatikan tulisan yang muncul pada laptop kalian)
  5. Buka lokasi file MYOB dan copy lokasi tersebut
  6. Pada CMD ketikkan cd
  7. Lalu pastekan lokasi file tadi (caranya tekan tombol shift+insert pada keyboard)
  8. Kemudian ketik myob.exe
  9. Maka jendela MYOB akan muncul
  10. Lebih jelasnya ikuti gambar di bawah ini
Solve error MYOB18-windows10
Jika kalian ingin membuka MYOB V18 tanpa harus melalui Command Prompt, silahkan ikuti langkah-langkah pada postingan saya tentang "Mengatasi MYOB18-This app has been blocked..."
Namun bila kalian tidak ingin repot-repot memperbaiki error pada MYOB18, kalian bisa menginstall MYOB19. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian baca di postingan "Menginstall MYOB19"

Mengubah Format Tanggal dan Simbol Mata Uang Indonesia

Format tanggal pada program MYOB sejak awal diformat (sistem Amerika) MM/DD/YYYY artinya bulan/tanggal/tahun. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan bila digunakan di Indonesia karena tidak terbiasa dengan format tersebut. Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan format tanggal dan mata uang dengan format Indonesia. Langkah-langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini:

  1. Buka Control Panel, (pada windows 10 ketik Control Panel pada taskbar pencarian lalu klik ikon Control Panel)
  2. Klik Regional and Language Options
  3. Pilih Indonesia, Klik Apply -> OK

Membuat File Data Baru

File data baru adalah file data akuntansi yang digunakan untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke dalam komputer. File ini dibuat (hanya sekali) yaitu pada saat perusahaan melakukan konversi dari sistem manual ke komputer akuntansi dengan menggunakan MYOB. File ini harus diberi nama oleh user dan secara otomatis program MYOB akan memberi ekstension MYO, contoh nama file: RID-Syn.myo. File ini akan digunakan selama perusahaan beroperasi. Langkah - langkah pembuatan file data baru:

  1. Buka aplikasi MYOB (sesuai dengan cara di atas)
  2. Klik Create pada tampilan Menu Awal
  3. Klik Next pada tampilan Welcome...
  4. Ketik identitas perusahaan. Kolom isian yang tidak boleh dikosongkan adalah nama perusahaan (company name). Jika telah selesai klik Next
  5. Ketik periode akuntansi, sesuaikan dengan kasus yang ada. Kemudian klik Next  
  6. Periksa kembali periode akuntansi. Bila ada data yang salah, klik Back dan betulkan data yang salah tersebut. Apabila data sudah benar, klik Next
Peringatan:
Kesalahan input data periode akuntansi bisa berakibat fatal! Kesalahan ini tidak dapat diperbaiki ditengah atau di akhir proses. Pekerjaan yang telah Anda lakukan menjadi sia-sia karena harus diulang dari awal. 
  1. Pada penyusunan daftar akun, pilih cara kedua yaitu mengimport daftar akun dari sebuah file dan klik Next untuk meneruskan
  2. Klik Change untuk mengubah nama file dan nama folder
  3. Buat folder data MYOB18 dalam folder Documents dan kemudian klik folder tersebut. Ketik nama file(contoh: RID-Namamu masing-masing) dan kemudian klik Save
  4. Klik Next untuk memproses penyimpanan file, tunggu beberapa saat, kemudian klik Command Centre. Maka tampilan Command Centre  akan muncul.

Pengecekan Informasi Perusahaan

MYOB menyediakan fasilitas untuk mengecek kebenaran data, terutama untuk identitas perusahaan dan periode akuntansi. Langkah - langkah untuk mengecek hasil pembuatan file data baru:

  1. Klik menu Setup dan pilih Company Information
  2. Cek kebenaran informasi perusahaan, terutama identitas dan periode akuntansi. Jika identitas perusahaan ada yang salah dapat diedit. Tetapi jika data periode akuntansi yang salah maka proses pembuatan file data baru harus diulang kembali. Klik OK jika keduanya benar.
Jika kalian bingung atau belum paham dengan penjelasan di atas, kalian bisa lihat video di bawah ini


Demikian postingan saya tentang menginstall MYOB18, semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ^_^

Post a Comment

0 Comments