Sejarah Bahasa Pemrograman

Halo teman-teman pembaca, di postingan hari ini saya akan membahas tentang sejarah dari bahasa pemrograman. Bagi kita yang baru belajar dasar pemrograman pasti ada rasa penasaran di benak kita bagaimana sejarah bahasa pemrograman hingga berkembang seperti sekarang ini. Daripada penasaran langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dibuat untuk memberikan perintah kepada komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman pertama kali muncul dari penemuan mesin Difference Engine oleh Charles Babbage. Latar belakang terciptanya mesin Difference Engine dikarenakan perhitungan dengan menggunakan tabel matematika yang rentan terjadi kesalahan. Oleh karena itu Charles Babbage ingin mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan mesin yang mampu melakukan perhitungan matematika secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan manusia dalam melakukan perhitungan matematika. Selepas itu bahasa pemrograman terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, hingga pada akhirnya bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi beberapa tingkat, antara lain:

  • Bahasa pemrograman tingkat rendah

Bahasa ini sangat sulit dipahami terutama bila masih pemula dalam dunia pemrograman, karena bahasa ini sangat jauh dari bahasa manusia pada umumnya. Contoh bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa mesin.

  • Bahasa pemrograman tingkat menengah

Bahasa pemrograman tingkat menengah merupakan campuran antara instruksi yang berasal dari bahasa manusia dan instruksi yang bersifat simbolik. Bahasa ini dapat digolongkan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki kecenderungan lebih dekat dengan bahasa tingkat rendah. Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu Assembly dan Microsoft Macro Assembler(MASM).

  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah dipahami penulisannya karena memiliki kemiripan dengan bahasa manusia.  Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu C++, PHP, Python, Java dan lain-lain.
  • Bahasa pemrograman tingkat object-oriented dan visual/ very high level
Bahasa ini merupakan bahasa dengan tingkatan paling tinggi karena berorientasi pada objek yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bahasa ini kita dapat membuat objek yang memiliki sifat seperti pada kenyataannya. Contoh bahasa object-oriented ialah PHP, Java(termasuk Java pada Android Studio), Javascript, dll. 
 
Demikian postingan saya hari ini semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman pembaca. Bila ada yang ingin ditanyakan atau ada kritik dan saran yang membangun silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih ^_^ 

Post a Comment

0 Comments