Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Teknologi informasi masa kini memungkinkan kita untuk bertukar informasi maupun data secara cepat. Proses bertukar informasi ini memerlukan suatu jaringan sebagai jalan dari berbagai perangkat untuk saling bertukar data dan informasi. Jaringan dalam dunia komputer dapat didefinisikan sebagai sekelompok komputer dan perangkat terkait yang dihubungkan dengan fasilitas komunikasi. Jaringan merupakan hubungan dari dua atau lebih komputer yang memungkinkan setiap komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Jaringan komputer dapat dibangun dengan menggunakan beberapa hardware seperti router, hub, dan kabel (bisa UTP, FO atau yang lainnya). Jaringan komputer bisa juga menggabungkan dua teknologi yaitu wireline dan wireless. Setiap perangkat yang terhubung ke dalam jaringan memiliki alamat yang biasa disebut sebagai IP address dan setiap perangkat dapat dibedakan dengan nomor unik atau MAC Address sebagai alamat perangkat keras. Jaringan dapat dibedakan menjadi jaringan private dan jaringan public. Pada jaringan private biasanya terdapat batasan akses sehingga hanya user tertentu yang dapat mengaksesnya. User-user yang dapat mengakses jaringan private umumnya memiliki kredensial atau hak akses tertentu yang diberikan oleh administrator. Sedangkan pada jaringan public tidak ada batasan akses sehingga semua orang dapat mengaksesnya contohnya yaitu jaringan internet.

Untuk membuat suatu jaringan komputer kita perlu merancang skema jaringan terlebih dahulu. Skema atau dikenal juga dengan istilah topologi jaringan memiliki beberapa bentuk di antaranya:
  1. Topologi Ring
  2. Topologi Star
  3. Topologi Bus
Berdasarkan luas jangkauannya jaringan dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN  (Wide Area Network)
Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari adanya jaringan, antara lain:
  1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien
  2. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif
  3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing)
  4. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan upto-date
  5. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien
 Seperti yang kita ketahui bahwa jaringan sangat bermanfaat dalam bertukar data. Namun tidak hanya itu jaringan komputer masih memiliki banyak manfaat seperti yang disebutkan di bawah ini:
  1. Jaringan Komputer dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer)
  2. Jaringan Komputer media komunikasi efektif dan multimedia
  3. Jaringan Komputer dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses)
  4. Jaringan Komputer memungkinkan penyampaian lebih terpadu

Post a Comment

0 Comments