Sejarah UNIX

Sejarah UNIX
UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user.Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan daripada proses tunggal di komputer. Linux merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas dan mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows

Pertama kalinya UNIX ditemukan di Bell Laboratory (juga dikenal sebagai Bell Labs dan sebelumnya dikenal sebagai AT & T Bell Laboratories dan Bell Telephone Laboratories) merupakan salah satu devisi dari perusahaan at&t. Nama UNIX sendiri diturunkan dari beberapa nama sistem operasi lainnya yang telah ditemukan sebelumnya dilaboratorium tersebut.UNIX dikembangkan oleh AT & T Corporation Bell Laboratories sebagai hasil dari upaya untuk menciptakan sistem computer time-sharing.Unix dibuat pertama kali menggunakan kode perintah yang dibuat di laboratorium bell, unix mempunyai nama awal sebelum berganti menjadi Unix, Nama awal tersebut adalah Unics(Uni plexed information and computing servicess). Pembuat awal dari versi Unix ini adalah Ken thompson dan diselesaikan pada tahun 1973.

Pada tahun 1969, Ken Thompson berkerja sama dengan Dennis Ritchie dan Joseph Ossanna dari Laboratorium Bell,  yang  merupakan  bagian dari AT&T  (American Telephone  and  Telegraph) yang sebelumnya bekerja pada proyek MULTICS. Mereka mencoba merealisasikan ide MULTICS dengan melanjutkan dan memodifikasi beberapa kemampuan  yang  ada pada MULTICS.Pada tahun 1970, ilmuwan AT&T menambahkan kemampuan UNIX sehingga banyak program-program kecil yang disebut tools di UNIX.Masing-masing tool digunakan untuk melakukan suatu fungsi.Yang   pertama   kali   menggunakan   UNIX   adalah   kantor   Laboratorium  Bell,  yaitu  untuk  sistem  pengolahan  teks.  Kantor  ini  tercatat sebagai pemakai UNIX yang  pertama  di  dunia. UNIX terus berkembang dan beberapa fasilitas  pendukung  pemakai  mulai dilengkapi, seperti fasilitas pengeditan  dan   pemformatan.  Pada tahun 1971, Unix di-port-kan untuk DEC PDP-11 danpada tahun ini lahirlah  UNIX  versi   pertama.

Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan Bahasa C yang baru dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Pada saat itu kernel UNIX, yaitu inti sistem operasi yang mengatur  keseluruhan proses termasuk masukan dan  keluaran,  terdiri  atas 10.000 baris program C dan sekitar 1000 baris program  assembly. Bahasa C dirancang untuk dapat dibawa portabel dari komputer satu ke komputer lainnya. Sistem operasi ini menjadi lebih mudah dimengerti dan dikembangkan.  UNIX yang dikeluarkan pada tahun 1973 disebut UNIX versi 4. 
Berikut adalah urutan pengembangan versi UNIX:
  1. Pada tahun 1971, Unix di-port-kan untuk DEC PDP-11 dan pada tahun ini lahirlah  UNIX  versi   pertama
  2. Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan Bahasa C yang baru dikembangkan oleh Dennis Ritchie.UNIX yang dikeluarkan pada tahun 1973 disebut UNIX versi 4. 
  3. Pada  tahun  1974 UNIX versi 5 dikeluarkan.  Versi  ini secara  resmi  dibuat untuk tujuan  pendidikan
  4. UNIX  versi 6 pada bulan Mei 1975.  Versi  ini merupakan  versi pertama yang dapat diperoleh kalangan  luar  Laboratorium   Bell   dengan  membayar  royalti.
  5. UNIX  versi  7  dikeluarkan  pada  tahun  1979   dengan  dilengkapi  kompiler  C dan sebuah shell  yang  diberi  nama Bourne  shell. 

Pada musim panas 1988, AT&T dan Sun Microsystem menandatangani perjanjian kerjasama pengembangan yang kemudian menghasilkan System V Release 4 (SVR4), yang memiliki kemampuan terbaik dari System V dan Berkeley Unix, dan membuat semua program yang ditulis untuk kedua system tersebut menjadi kompatibel dalam satu sistem. Pada saat ini SunOS digantikan oleh sistem operasi Unix baru dengan nama Solaris. 

Post a Comment

0 Comments