Cara Mengatasi Tidak Bisa Uninstall APK di HP Vivo Y93

Halo teman-teman pembaca, apa kabar? semoga kalian dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya ketika diminta menguninstall apk yang terpasang di HP Vivo Y93 milik teman saya. Aplikasi tersebut memiliki tanda gembok di ikonnya dan ketika saya coba uninstall tidak bisa terhapus. Sebenarnya aplikasi itu juga diinstal dari sumber yang terpercaya yaitu play store namun ketika saya membaca ulasannya banyak orang yang mengalami kejadian sama yaitu tidak bisa diuninstall. Berikut ini gambar dari kondisi yang saya maksud.

apk-tidak-bisa-uninstall

Kemudian untuk mengatasinya saya mencoba melakukan reset ke pengaturan awal dan mengubah perizinan aplikasi yang terinstall tadi. Perlu diketahui bahwa reset ke pengaturan awal ini tidak menghapus data yang ada pada HP namun hanya mengembalikan pengaturan sistemnya ke awal mula seperti ketika belum digunakan. Untuk langkah yang lebih jelasnya bisa perhatikan di bawah ini:

1. Masuk ke Pengaturan --> Pengaturan lainnya

apk-tidak-bisa-uninstall-2

2. Pilih Buat cadangan dan Atur ulang

apk-tidak-bisa-uninstall-3

3. Pilih Atur ulang semua pengaturan --> Klik Pulihkan

apk-tidak-bisa-uninstall-4

4. Setelah proses "atur ulang semua pengaturan" selesai, selanjutnya masuk ke Pengaturan --> Pengaturan Lainnya --> Pengelolaan izin

apk-tidak-bisa-uninstall-5

5. Pilih aplikasi tidak dikenal

apk-tidak-bisa-uninstall-6

6. Kemudian klik aplikasi yang tidak bisa diuninstall tadi. Pada kasus saya aplikasinya bernama clone app

apk-tidak-bisa-uninstall-7

7. Klik tombol pada keterangan izinkan pemasangan aplikasi yang tidak diketahui maka akan muncul dialog "Operasi ini dilarang". Klik pada tulisan perincian lainnya

apk-tidak-bisa-uninstall-8

8. Lalu klik "Hapus Informasi Pekerjaan" terus klik "OK"

apk-tidak-bisa-uninstall-9

9. Selesai, aplikasi berhasil dihapus

apk-tidak-bisa-uninstall-10
Demikian teman-teman postingan saya kali ini tentang cara mengatasi tidak bisa uninstall apk di HP Vivo Y93. Semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih ^_^


Post a Comment

0 Comments