Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area


Jaringan komputer dapat dibedakan jenisnya berdasarkan area yang mampu dijangkau. Berdasarkan area jangkauannya jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 4 jenis, berikut penjelasannya:

• Personal Area Network (PAN)

PAN adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat-perangkat lain seperti handphone, speaker, komputer dan lain-lain. PAN ini juga bisa digunakan untuk mengkomunikasikan antara perangkat komputer pribadi, maksudnya yaitu komunikasi  secara interpersonal. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti internet atau printer. Jangkauan jaringan komputer ini relatif sangat dekat sehingga tidak bisa menjangkau jarak yang jauh. Dan biasanya, jenis jaringan ini dilakukan dengan bantuan USB atau bluetooth untuk menghubungkan antar perangkatnya.

Local Area Network (LAN)

LAN dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang kecil saja. Seperti contohnya yang biasa menggunakan jenis jaringan ini yaitu perusahaan, sekolah, universitas maupun area lainnya yang memiliki cakupan wilayah yang kecil. Jaringan LAN dapat menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana. Seperti hanya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi dan dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN).
 

• Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan MAN memiliki area cakupan yang lebih luas daripada jaringan LAN. MAN biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, biasanya akan dibutuhkan operator telekomunikasi yang mana dapat menghubungkan antara jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya.Sebenarnya terdapat 2 jenis koneksi yang biasanya digunakan pada jaringan MAN, pertama yaitu koneksi yang menggunakan cara wireless dan yang kedua adalah koneksi yang menggunakan kabel fiber optic.

Contoh jaringan MAN adalah jaringan yang terdapat pada Bank. Setiap bank tentu saja memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Dari setiap kantor, baik itu kantor pusat ataupun cabang tentunya memiliki jaringan LAN, yang mana penggabungan dari jaringan LAN yang ada di setiap kantor-kantor akan membentuk jaringan MAN. Jaringan MAN ini biasanya dapat menunjang data baik itu teks ataupun suara. Bahkan dapat pula berhubungan dengan gelombang radio ataupun jaringan televisi kabel.

• Wide Area Network (WAN)

WAN atau Wide Area Network merupakan salah satu jaringan komputer dengan area cakupan yang sangat besar seperti jaringan komputer yang mencangkup antar wilayah, antar kota bahkan dapat antar negara dengan definisi jaringan komputer yang dalam penggunaannya menggunakan router dan saluran komunikasi publik.

Biasanya WAN juga dibangun oleh perusahaan-perusahaan yang menjadi penyedia berbagai jaringan internet. Untuk membangun sebuah jaringan WAN ini bisa menggunakan sebuah saluran koneksi telepon yang biasa disebut dengan Leased Line, tidak hanya itu ada sebagian jaringan WAN yang dibangun menggunakan switching sirkuit.

Post a Comment

0 Comments